Sabtu, 04 Februari 2012

Sharing internet via wireless network pada ubuntu 10.04

Akhirnya, rasa penasaran saya tentang bagaimana cara sharing koneksi internet dial up pada ubuntu 10.04 bisa tuntas. Setelah beberapa kali percobaan dan juga mencari informasi dari berbagai sumber, akhirnya saya bisa juga melakukan sharing koneksi internet melalui wireless network pada ubuntu 10.04 Sebenarnya, sharing koneksi dial up melalui wireless network bisa dikatakan cukup mudah. Namun karena saya yang terlalu ribet, sehingga sering sekali mengalami kegagalan. Oleh karena itu, mumpung ilmu ini masih segar di otak saya, saya ingin menulisnya pada blog ini. Supaya saya tidak lupa dan juga bisa berbagi kepada orang lain. Berikut ini cara sharing koneksi internet via wireless network pada ubuntu 10.04
1. Alat yang dibutuhkan:
  • Koneksi internet (Saya menggunakan koneksi dial-up modem huawe)
  • 2 Laptop atau notebook yang memiliki wifi aktif. (Satu untuk pusat, bisa juga diganti dengan komputer. Yang lain bisa diganti dengan perangkat lain yang memiliki wifi aktif)
2. Pada notebook utama saya yang telah saya pasang ubuntu 10.04, dan juga
telah saya hubungkan ke internet melalui koneksi dial-up modem huawe.
3. Buat koneksi baru melalui klik kiri pada panel network connection, kemudian pilih menu Create New Wireless Network. Akan muncul jendela baru tentang pembuatan koneksi wireless baru.
Pada wireless security, pilih WEP 40/128-bit Key (Hex or ASCII). Misal, saya menggunakan nama baru untuk koneksi saya adalah “jal” dengan password 12345.
4. Edit setting dari wireless network baru tadi dengan klik kana pada panel network connection, terus edit connection. Pilih pada tab wireless, klik pada nama koneksi baru anda, lalu pilih edit. Pada setting IPv4, pilih method Shared to other computers.
Setelah selesai, klik apply.
5. Hubungkan laptop, komputer, atau notebook anda melalui koneksi wireless baru tadi, tanpa memutus koneksi internet.
6. Cek dengan perangkat lain, apakah koneksi yang anda buat tadi berhasil atau tidak. Saat saya test menggunakan notebook yang satu lagi, hasilnya adalah seperti berikut ini
Saat untuk browsing
Catatan, pada screeshot koneksi pada notebook yang satu lagi, dapat dilihat. Koneksi “jal” adalah koneksi yang baru dibuat buat. Cukup simpel dan mudah bukan?  Selamat mencoba.

sumber: http://linuxanakaceh.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukkan saran dan kritik anda:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by| Bloggerized by joevhan - Java Creation